Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres: Masyarakat Tidak Usah Sungkan Cek Surat Tugas Orang yang Mengaku Polisi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Februari 2021 - 07:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur, AKBP Afandi Eka Putra mengimbau masyarakat tidak perlu sungkan menanyakan tanda pengenal maupun surat tugas ketika berhadapan dengan orang tidak dikenal yang mengaku sebagai anggota polisi.

Hal ini disampaikan Afandi saat siaran pers pengungkapan kasus penipuan yang dilakukan Muhammad Yusup (31), mengaku sebagai anggota polisi dari Polda Kalteng yang sedang menghadiri kegiatan di Polres Bartim, Selasa, 23 Februari 2021.

"Polri saat ini semakin meningkatkan profesionalismenya, setiap melaksanakan tugas dia harus dilengkapi dengan surat perintah. Masyarakat juga tidak perlu merasa sungkan, tidak perlu merasa tidak enak kepada seseorang yang mengaku sebagai anggota Polri untuk menanyakan apakah dia melaksanakan tugas itu sudah dilengkapi surat perintah atau belum," ujar Afandi.

Dia kembali menegaskan, anggota Polres Barito Timur saat melaksanakan tugas di lapangan selalu dilengkapi dengan surat perintah.

"Melalui kasipropam di level polres saya sudah memerintahkan, dicek anggota-anggota di lapangan yang melaksanakan kegiatan kepolisian, periksa surat perintahnya ada atau tidak. Rekan-rekan wartawan atau masyarakat umum tidak usah sungkan-sungkan menanyakan mana surat perintah," imbuh Kapolres.

Seperti diketahui, Muhammad Yusup, warga Kecamatan Muara Ancalang, Kabupaten Kutai Timur mengaku sebagai anggota polisi dengan pangkat Brigadir, membawa kabur sebuah mobil Suzuki Escudo milik Sahudi (57), warga Desa Puri, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur pada tanggal 18 Februari 2021 pagi.

Setelah polisi melakukan pengejaran, akhirnya pelaku berhasil dibekuk beserta barang bukti di wilayah Batu Sopang Kabupaten Paser. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru