Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: ASN Harus Melek Teknologi

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2021 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan di era industri 4.0 seperti sekarang ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus melek teknologi.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri upacara pembukaan pelatihan dasar (latsar) CPNS Golongan III angkatan VIII dan Golongan II angkatan VI Pemprov Kalteng tahun 2021.

"Perkembangan teknologi yang semakin canggih, arus globalisasi sudah tidak terbendung, serta tuntuntan masyarakat terhadap perbaikan layanan memaksa kita untuk tanggap merespon hal tersebut," kata Fahrizal, Kamis, 25 Februari 2021.

Dia menjelaskan, saat ini dunia memasuki era globalisasi 4.0. Yaitu lebih ditekankan pada pola digitalisasi ekonomi, artificial intellegence, big data, dan robotic yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation atau inovasi yang membantu menciptakan pasar baru.

"Tentu hal itu mengganggu dan merusak pasar yang sudah ada dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu," tuturnya.

Oleh karenanya, untuk menghadapi tantangan itu dilakukan peningkatan pengetahuan serta kemampuan atau wawasan melalui latsar CPNS.

"Peseta diperkenalkan dengan nilai-nilai dasar kedudukan dan peran PNS serta NKRI. Maupun pembentukan disiplin serta sikap perilaku bela negara," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru