Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenaikan Hargai Cabai di Palangka Raya Untungkan Petani Lokal

  • Oleh Hendri
  • 25 Februari 2021 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Perindustrian, Kota Palangka Raya, Rawang menilai kenaikan harga cabai memberikan keuntungan bagi para petani.

Kekurangan pasokan cabai dari pulau jawa dan Banjarmasin yang menyebabkan kenaikan signifikan itu meningkatkan daya jual hasil perkebunan petani lokal.

"Kalau kita melihatnya tidak bisa dari segi harganya di pasaran saja, toh memberikan keuntungan bagi petaninya, walaupun hanya sebentar. Tapi lumayan ditengah tehempitnya ekonomi karena pandemi ini," kata Rawang, Kamis 25 Februari 2021.

Lalu kata Rawang, masyarakat sebagai konsumen harus bisa bijak menyikapi kenaikan harga kebutuhan pokok itu. Caranya mengurangi jumlah konsumsinya.

"Sekarang memang lagi mahal, dari Rp 30 ribu bisa sampai Rp 80 ribu. Lalu bagaimana kita, kurangi saja konsumsinya itu lebih bijak dari pada ribut-ribut," ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan peninjauan harga di pasaran dan untuk jenis komoditas lain tidak mengalami kenaikan. Harga lainnya stabil dan ketersedian masih aman. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru