Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Serahkan Alsintan Power Tresher Kepada Kelompok Tani

  • Oleh Ramadani
  • 25 Februari 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Barito Utara menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Power Thresher (Alat perontok) yang bersumber dari APBD dan tugas pembantuan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati, Kamis 25 Februari 2021 mengatakan bantuan alsintan Power Thresher (Alat Perontok) ini yang bersumber dari APBN dan TP Distan Provinsi Kalteng telah diberikan secara langsung hingga ke lokasi kelompok tani (Poktan) yang ada di beberapa Kecamatan di wilayah Barito Utara.

“Dengan adanya bantuan alsintan itu, dimaksudkan dapat membantu petani. apalagi menjelang musim panen padi hasil musim tanam  Okmar 2020/2021 yang saat ini sudah mulai ada dilakukan di beberapa tempat di Kabupaten Barito Utara,” kata Syahmiludin.

Syahmil menjelaskan dengan bantuan peralatan alsintan tersebut, tentunya akan sangat bermanfaat bagi petani (Poktan) didalam penanganan panen dan pasca panen hasil kegiatan usahatani secara lebih mudah, cepat dan murah.

Menurutnya, fasilitas alat dan mesin pertanian tersebut, diyakini akan memicu semangat dan motivasi bagi petani (poktan) untuk lebih serius lagi menekuni kegiatan usaha taninya. Keterbatasan tenaga kerja petani dapat disiasati dengan dukungan alsintan dan Teknologi Tepat Guna (TTG).

“Kebutuhan alsintan sebetulnya sangat besar, namun karena keterbatasan anggaran saat ini akibat refocusing anggaran untuk penanganan wabah Covid-19 hendaknya membuat petani (poktan) yang belum mendapatkannya bisa bersabar menunggu giliran untuk mendapat bantuan alsintan yang sama,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru