Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fokus Pembangunan Generasi Muda Melalui Program Bangga Kencana

  • Oleh Anthoneal
  • 26 Februari 2021 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menjadi salah satu narasumber pada pelaksanaan rapat koordinasi daerah (rakorda) program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2021.

”Rakorda bangga kencana tersebut dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalteng. Materi yang saya sampaikan sebagai narasumber, yakni terkait pembangunan daerah melalui program Bangga kencana di Kabupaten Gumas,” ucap Jaya, Kamis (25/2).

Dia mengakui, Kabupaten Gumas memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) cukup besar, terutama yang akan masuk dan dalam usia produktif yaitu 61,80 persen. Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus menyusun strategi dan program kegiatan untuk memanfaatkan SDM itu.

”Melalui program kegiatan itu, kami berharap akan bisa meningkatkan kualitas, kreativitas, serta produktivitas SDM, melalui berbagai sektor pembangunan,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Jaya, dalam program bangga kencana, Pemkab Gumas fokus pada pembangunan generasi muda, melalui program genre dan bina keluarga remaja sebagai upaya pencegahan pernikahan usia anak, penanganan stunting melalui bina keluarga balita holistik integratif (keterpanduan posyandu, PAUD, dan BKB).

”Saat ini, kami sudah melakukan program bangga kencana untuk peningkatan SDM, yakni pertemuan kader PPKBD, pemilihan duta genre, pembinaan kepada petugas pengelola laporan data statistik klinik KB, peningkatan pemanfaatan data kependudukan di rumah data, pelayanan tim keluarga berencana keliling (TKBK), dan pelayanan bakti sosial IBI-KB Kesehatan,” jelasnya.

Sedangkan yang sedang dan akan dikerjakan pada tahun 2021, yakni dukungan operasional pelayanan KB bergerak, peningkatan kesertaan pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), pelatihan teknis pengelolaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, promosi program ketahanan dan kesejahteraan keluarga bagi mitra kerja, serta sosialisasi kelompok kegiatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Selain itu, melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) sesuai kearifan budaya lokal melalui ajang kreativitas remaja, orientasi pelaksana/kader dalam program ketahanan dan kesejahteraan keluarga, serta peningkatan kapasitas mitra dan organisasi kemasyarakatan.

”Kami juga sudah mulai menyusun pemanfaatan Grand Design Pembangunan kependudukan (GDPK), pembinaan IMP dan program KKBPK di lini lapangan, pembinaan terpadu kampung KB, pengelolaan pelaporan data pengendalian lapangan dan pelayanan KB, serta pembinaan dan pengawasan pencatatan dan pelaporan program KKBPK,” pungkasnya.

Di samping itu, dalam rangka mendukung program bangga kencana, dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR), juga sudah dilakukan kegiatan kaji banding pengurus forum genre, dan menggelar ajang kreativitas remaja tingkat Kabupaten Gumas.

Berita Terbaru