Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut Saat Ini Wilayahnya masih Aman dari Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Februari 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Bupati Katingan Sakaroyas menyebut bahwa saat ini di wilayahnya masih aman dari kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Hal ini disampaikan Sakariyas saat dirinya menghadiri apel sosialisasi maklumat Kapolda Kalteng terkait sankso pidana bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan di halaman kantor bupati, Kamis,  25 Februari 2021.

"Saat ini di wilayah Kabupaten Katingan masih aman dari kebakaran hutan dan lahan,  sebab masih sering terjadi hujan," ujarnya. 

Namun begitu,  masyarakat tetap diminta turut ambil bagian dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Katingan ini. 

Pasalnya,  saat ini cuaca yang ada dinilai tidak menentu,  seperti tahun 2020 lalu disaat memasuki musim kemarau namum curah hujan tinggi sehingga daerahnya pada 2020 lalu itu dua kali terjadi bencana banjir.

Namun ditahun 2020 lalu wilayah Kabupaten Katingan dinilai aman dari kebakaran hutan dan lahan,  sebab pada saat musim kemarau selalu ada turun hujan yang disebut dengan kemarau basah. 

Dan untuk musim kemarau tahun 2021 ini,  berdasarkan prakiraan cuaca pihak BMKG bahwa musim kemarau bakal berlangsung bulan Agustus hingga September.

Sementara menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Katingan, Roby menuturkan sejauh ini di Kabupaten Katingan ada beberapa wilayah kecamatan rawan terjadinya Karhutla.  Di antaranya Katingan Kuala, Mendawai,  Kamipang,  Tasik Payawan,  Katingan Hilir dan Kecamatan  Tewang Sanggalang Garing atau TSG. 

Pasalnya wilayah ini sebagian besar adalah terdiri dari lahan gambut tebal. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru