Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diminta Kurangi Penggunaan Plastik Cegah Pencemaran Lingkungan

  • Oleh Hendri
  • 26 Februari 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini mengajak masyarakat setempat mengurangi penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah yang bisa mencermarkan lingkungan.

Ia mengatakan, plastik merupakan salah satu bentuk bahan sintetis dari pengolahan kimia yang akan sangat sulit terurai di alam  bebas.

Jika bahan organik membutuhkan waktu puluhan hari hingga berbulan-bulan untuk terurai, maka plastik memerlukan waktu ratusan hingga ribuan tahun.

"Bayangkan dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik, maka anak cucu kita dimasa mendatang yang akan terdampak,” ungkapnya, Jumat 26 Februari 2021.

Legislator Partai Golkar ini mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari pemerintah, pihak swasta untuk mulai meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup yang seimbang serta membatasi penggunaan plastik.

“Agar pencemaran air dan tanah akibat sampah plastik tidak terus meningkat, sedangkan tingkat pencemarannya sendiri kita tahu sudah mencapai taraf yang mengkhawatirkan," bebernya.

Untuk itu pemerintah perlu campur tangan agar membatasi produksi serta penggunaan plastik. Pihak industri juga sebaiknya mulai menghasilkan produk atau menciptakan teknologi daur ulang yang lebih ramah lingkungan. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru