Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemanfaatan Lahan Jadi Perkebunan Mikro Mampu Cegah Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 26 Februari 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, pemanfataan lahan kosong menjadi perkebunan skala mikro mampu mencegah kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Lahan yang kosong jangan dibiarkan tidur, dikelola dengan dapat memberikan banyak manfaat termasuk mencegah kebakaran hutan dan lahan," kata Umi Mastikah, Jumat 26 Februari 2021.

Selain itu melalui dinas terkait terus berupaya mendorong masyarakat memanfaatkan lahan kosong menjadi produktif untuk memperkuat ketahanan pangan.

Dia mengatakan pemanfaatan lahan menjadi produktif itu dapat dilakukan dimana saja baik di pekarangan rumah ataupun di lahan-lahan yang dimiliki masyarakat.

Lahan-lahan kosong itu dapat ditanami dengan berbagai jenis sayur maupun buah dari berbagai jenis. Mulai dari sekali panen maupun yang hasilnya dapat dinikmati secara berkelanjutan.

Menurut dia warga yang sukses memanfaatkan lahan miliknya menjadi lebih produktif akan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar untuk mendapatkan nilai ekonomis.

"Dengan begitu selain memperkuat ketahanan pangan keluarga, perekonomian keluarga juga akan meningkat di tengah pandemi COVID-19," tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru