Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marvel Butuh 2 Tahun Kemotherapi Sebelum Operasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Februari 2021 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Marvel Jhonfratola (12) sejak 2018 harus melawan penyakit tumor di wajahnya. Buah hati pasangan Betung dan Jumiati warga Dusun Maliku Lama, Desa Kanamit, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau ini perlu menjalani kemotherapi dua kali dalam satu bulan.

Kepala Puskesmas Maliku, Sutikno mengatakan berdasarkan koordinasi yang dilakukan pihaknya bersama RSUD Ulin Banjarmasin, saat ini dibutuhkan 2 tahun rutin kemotherapi sebelum dilakukan operasi.

"Butuh sekitar dua tahun kemotherapi sebelum dilakukan operasi tumor," kata Sutikno kepada borneonews.co.id, Jumat 26 Februari 2021.

Sutikno mengatakan sebelumnya pada awal terkena tumor hanya memerlukan waktu sekitar satu tahun kemotherapi, namun sempat terhenti karena kekurangan biaya untuk perjalanan dan akomodasi.

"Pelaksanaan pengobatan memang sudah kami rujuk dan difasilitasi oleh BPJS Kesehatan. Tapi ternyata bapaknya kehabisan dana dan sempat absen kemotherapi. Dokter di Banjar juga mewanti wanti tidak boleh sampe berhenti," ungkapnya.

Karena absen kemotherapi tersebut sekarang ukuran tumornya sudah membesar hampir dua kali lipat. Untuk membantu pasien pihaknya juga melakukan penggalangan dana sekaligus menyerahkan bantuan.

Sutikno berharap ada yang bisa membantu keluarga tersebut untuk biaya perjalanan dan akomodasi pengobatan. Karena memang dinilai keluarga Marvel merupakan keluarga kurang mampu.

"Walaupun dari sisi kesehatan sudah clear tetapi masih membutuhkan biaya untuk akomodasi dan perjalanan. Harapannya bisa rutin kemotherapi dan operasi sehingga bisa sehat kembali," tutupnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru