Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakar: Gencarkan Operasi Tertib Masker

  • Oleh ANTARA
  • 26 Februari 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Purwokerto  - Ahli Epidemiologi Lapangan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr Yudhi Wibowo mengatakan operasi tertib masker dan penegakkan protokol kesehatan harus terus digencarkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Operasi yustisi, operasi tertib masker dan penegakkan protokol kesehatan perlu terus dilakukan secara intensif agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Untuk itu dia mengapresiasi langkah dari berbagai instansi seperti TNI/Polri hingga Satpol PP yang terus gencar melakukan operasi tertib masker.

Dia menyebutkan bahwa upaya tersebut akan sangat efektif bila dilakukan secara rutin dan masif.

Menurut dia penegakan peraturan protokol kesehatan yang disertai dengan pemberian sanksi bagi yang melanggar, akan lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Karena untuk dapat mengubah perilaku individu, di mana dalam hal ini konteksnya adalah penerapan protokol kesehatan, maka pada umumnya yang dibutuhkan adalah tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, pada saat ini di sejumlah daerah tengah dilaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Untuk mendukung suksesnya PPKM skala mikro maka diperlukan operasi tertib masker dan penegakan protokol kesehatan yang berkesinambungan," katanya.

Dia juga kembali mengatakan bahwa PPKM skala mikro merupakan kebijakan kompromis antara kepentingan kesehatan dan penyelamatan ekonomi.

"Kebijakan ini perlu diimplementasikan secara konsisten dan tegas. Perlu juga langkah untuk tegakkan aturan secara konsisten dan tegas," katanya.


TAGS:

Berita Terbaru