Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong Transparansi Penggunaan Anggaran Satuan Pendidikan

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Februari 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalangan DPRD Kalteng menilai keterbukaan informasi penggunaan anggaran di satuan pendidikan semua jenjang sangatlah penting.

Hal tersebut juga bisa mendorong kemajuan pendidikan dan menumbuhkan rasa kepercayaan orangtua peserta didik terhadap penggunaan anggaran.

"Berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kementerian Pendidikan juga menegaskan penggunaan anggatan satuan pendidikan tidak boleh ditutup-tutupi," kata Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing, Sabtu, 27 Februari 2021.

Dia menjelaskan, keterbukaan informasi masalah tersebut juga agar masyarakat serta orang tua peserta didik bisa mengetahui program sekolah.

Selain itu, masyarakat maupun orang tua peserta didik berhak untuk mengawasi jumlah maupun alokasi anggaran yang digunakan untuk kemajuan satuan pendidikan, guna mencegah penyalahgunaannya.

"Berapapun jumlah anggaran yang digunakan itu wajib untuk diketahui semua pihak. Kalau perlu misalnya dalam penggunaan dana BOS dibuat daftar melalui baleho yang dipajang di depan sekolah," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru