Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Maksimalkan Peran Kelurahan Cegah Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 27 Februari 2021 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya memaksimalkan peran masyarakat di tingkat kelurahan dalam mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan sejauh ini sudah terbentuk sejumlah kelurahan siaga dan tangguh bencana.

"Untuk itu perannya dimaksimalkan untuk mengantisipasi bencana karhutla maupu penanganan nantinya pasca bencana," kata Fairid, Sabtu 27 Februari 2021.

Bekal manajemen pengelolaan bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan juga telah diberikan pemerintah melalui pelatihan.

Manajemen tersebut meliputi pemetaan bencana dan kebutuhan penanganan, rencana aksi hingga strategi upaya pemadaman di lapangan, termasuk manajemen komunikasi dan koordinasi dengan lintas lembaga.

Menurutnya keterlibatan masyarakat di tingkat kelurahan agar upaya antisipasi yang dilakukan pemerintah semakin maksimal. "Potensi ancaman karhutla juga akan terdeteksi sejak dini sehingga lebih mudah ditangani," ujarnya.

Adapun kelurahan yang sudah terbentuk sebagai tangguh benca yakni Kelurahan Kelurahan Tanjung Pinang, Panarung, Sabaru, Kalampangan dan Kameloh Baru. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru