Software Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Plastik Bisa Diolah Jadi Barang Bernilai Ekonomis

  • Oleh Hendri
  • 27 Februari 2021 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, sampah plastik bisa diolah menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

"Plastik itu banyak sudah teman-teman berinovasi menjadikannya barang berguna seperti tempat mengecas baterai ponsel, pot bunga, tempat lampu, dan sebagainya. Sekarang kita bina masyarakat melalui kelompok peduli sampah," katanya, Sabtu 27 Februari 2021.

Menurutnya, salah satu pendekatan yang dikembangkan agar pengelolaan sampah bisa berkelanjutan ialah melalui pendekatan circular economy atau ekonomi melingkar.

Pengelolaan berkelanjutan membuat siklus pakai plastik tidak lagi berakhir pada tempat pembuangan sampah serta dapat kembali dimanfaakan dalam bentuk bahan daur ulang.

"Metodenya dengan prinsip 3R yakni reduce, reuse serta recycle. Dengan begitu kita sekaligus mengurangi produksi sampah dan menghasilan nilai ekonomis," ujarnya.

Cara itu dinilai paling tepat untuk mengurangi produksi sampah yang kini mencapai 130 ton per hari. Pengelolaan yang baik juga memberikan manfaat bagi lingkungan serta masyarakat pengelolanya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru