Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Masuk Daerah Potensi Mudah Terjadi Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Februari 2021 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, memprediksi daerah Kabupaten Kotawaringin Timur terjadi cuaca panas, sehingga berpotensi mudah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Dalam peta tinjauan analisa parameter cuaca, menunjukkan potensi kemudahan terjadinya kebakaran di Kotim untuk hari ini, bahkan berada di kategori sangat mudah terbakar," ujar Prakirawan BMKG Kotim Rahmat Wahidin, Sabtu, 27 Februari 2021.

Pihaknya memprediksi hal itu terjadi hingga tiga hari kedepan. Karena dari perkiraan, cuaca di Kotim didominasi cerah hingga berawan, sehingga, potensi kemudahan terjadinya kebakaran sangat tinggi.

"Hanya Kotim bagian Utara atau Hulu yang masih berpotensi terjadi hujan ringan," katanya. Dia menjelaskan BMKG sudah mengeluarkan peta perkiraan cuaca.

Dengan tanda daerah warna merah diartikan sangat mudah terbakar, kuning mudah, hijau tidak mudah, dan biru aman.

"Kotim sendiri petanya sudah merah, sehingga patut diwaspadai," terangnya. Sementara itu pantauan Borneonews.co.id, dalam beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Kotim masih terjadi hujan, namun di Sampit, hari ini tidak ada hujan yang turun. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru