Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Kembali Terjadi di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Februari 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi lagi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Api mulai menghanguskan lahan gambut yang berlokasi di Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) km 12 mulai, Jumat 26 Februari 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Tengku Alisjahbana, Sabtu 27 Februari 2021 dilokasi karhutla mengatakan bahwa berdasarkan data terakhir lahan yang terbakar sudah sekitar 10 hektare.

"Hingga sore hari ini kondisi lahan masih terus terbakar. Upaya pemadaman masuh terus dilakukan oleh 60 anggita tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Tagana dan Manggala Agni," jelasnya.

Lokasi lahan yang terbakar sekitar 1 - 2 Km dari pinggir Jalan Pangkalan Bun - Kolam. "Kesulitan yang dihadapi tim gabungan adalah jarak menuju ke lokasi yang cukup jauh dan menyulitkan masuknya mobil pemadam untuk mendekati titik api," jelasnya.

Selain itu sulitnya sumber air disekitar lokasi karhutla juga turut menghambat proses pemadaman. "Saat ini proses pemadaman masih terus dilakukan. Kami semua berharap agar api bisa segera dipadamkan dan tidak semakin meluas," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru