Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Positif Covid-19 Barito Timur Terus Meningkat, Seperti Apa Hasil Surveilans Epidemiologi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Februari 2021 - 02:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Peningkatan kasus positif covid-19 di Kabupaten Barito Timur belum juga mereda. Sebanyak 18 orang kembali terkonfirmasi positif covid-19 pada hari ini, Sabtu, 27 Februari 2021.

Kecamatan Dusun Timur memiliki kasus positif tertinggi sekaligus menjadi zona hitam covid-19 dengan 406 kasus, disusul Kecamatan Dusun Tengah 103 kasus, Raren Batuah 44 kasus, Awang 40 kasus, Pematang Karau 33 kasus, Paju Epat 32 kasus, Paku 30 kasus, Benua Lima 27 kasus, Karusen Janang 22 kasus dan Kecamatan Patangkep Tutui 20 kasus.

Lalu bagaimana hasil surveilans epidemiologi dari Dinas Kesehatan Barito Timur terkait tingginya peningkatan kasus positif di Kecamatan Dusun Timur

Seperti diketahui, surveilans epidemiologi covid-19 merupakan kegiatan analisis secara sistematis terhadap peningkatan dan penularan covid-19 agar dapat dilakukan upaya penanggulangan yang efektif.

Kepala Dinas Kesehatan, Jimmi WS Hutagalung menjelaskan hasil pengumpulan, pengolahan maupun analisis data covid-19 menunjukkan bahwa peningkatan kasus positif masih berasal dari klaster keluarga.

"Paling banyak yang terkonfirmasi positif saat ini dari keluarga, karena itu kami mengimbau untuk tidak saling berkunjung dengan keluarga atau bepergian bila tidak sangat penting," ujarnya.

"Ini demi memutus rantai penularan covid-19 melalui klaster keluarga," imbuh pria yang pernah menjabat Direktur RSUD Tamiang Layang ini.

Dia kembali mengingatkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Menurut data yang dirilis oleh Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada hari ini terjadi peningkatan kasus positif sebanyak 18 kasus, yang tersebar di Kecamatan Dusun Timur, Paku, Pematang Karau dan Kecamatan Benua Lima.

Selain itu ada 11 pasien yang dinyatakan sembuh. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Raren Batuah, Dusun Tengah, Awang dan Kecamatan Dusun Timur.

Dengan demikian, akumulasi positif covid-19 Barito Timur meningkat menjadi 772. Rinciannya 674 orang telah sembuh, 86 orang masih dalam perawatan dan 12 orang meninggal dunia. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru