Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Lama Lagi Kobar Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Februari 2021 - 04:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam waktu dekat status siaga darurat Karhutla bakal ditetapkan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Rencana ini disampaikan Bupati Kobar Nurhidayah saat melakukan pengecekan tim gabungan TNI, Polri, BPBD dan Tagana yang sedang melakukan pemadaman karhutla di Km 12 Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam), Sabtu 27 Februari 2021.

"Selain itu kami juga sudah mengirimkan permohonan pada BNPB pusat agar Kobar helikopter waterbombing bisa disiagakan, untuk membantu pemadaman karhutla dilokasi yang aksesnya sulit dijangkau melalui jalur darat," jelasnya.

Bupati juga mengimbau para pemilik lahan agar bekerjasama mencegah terjadinya karhutla dengan tidak melakuka pembakaran lahan.

"Karena saat ini kita masih dala situasi pandemi covid-19. Bila hal itu dilakukan berpotensi menimbulkan karhutla dan kabut asap. Hal ini tentunya bakal menyebabkan akan semakin banyak orang yang akan terganggu kesehatannya akibat penyakit ISPA dan menurunkan imunitas tubuh. Bila imunitas tubuh menurun, potensi terpapar covid-19 juga akan semakin besar," jelasnya.

Berdasarkan ibformasi terakhir dilokasi karhutla, saat ini sudah sekitar 10 hektare lahan yang terbakar dilokasi itu dan proses pemadaman terus dilakukan oleh tim gabungan. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru