Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Penanganan Covid-19 Sarankan Tidak Gunakan Kalung Masker

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 28 Februari 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan anjuran Satgas Pusat mengenai imbauan tidak menggunakan masker berkalung atau masker dengan tali strap yang mulai menjadi tren belakangan ini. 

“Masker berjenis ini dirasakan cukup praktis karena ketika hendak dilepas, masker cukup diturunkan dan akan menggantung di leher orang yang menggunakannya,” ungkap Ketua Satgas Covid-19 Kalteng, Sugianto Sabran melalui rilis tertulisnya. 

Namun, penggunaan masker dengan cara tersebut dinilai dapat mengurangi higienitas dan berpotensi menularkan penyakit ke orang di sekitar. Bahkan, masker yang dibiarkan tergantung tanpa terlindung juga berpotensi menerima paparan dari luar.

“Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pusat Prof. Wiku Adisasmito menilai bahwa masker berjenis ini mengurangi higienitas. Hal ini disebabkan karena masker pada sisi dalam sudah terkontaminasi droplet saat berbicara, batuk, ataupun udara dari helaan nafas yang kotor,” tambahnya.

Sebagai langkah untuk menjaga higienitas masker, lebih baik menggunakan kantung. Adapun bahannya dapat berupa kertas atau bahan lain yang aman serta yang bisa dibuka dan ditutup rapat-rapat.

Penyimpanan masker dengan menggunakan cara ini dinilai akan lebih aman dan higienis, terutama ketika yang menggunakan masker tersebut akan melakukan aktivitas makan dan minum. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru