Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

251 Unit Tera di 9 Kecamatan Wajib Cek Ulang

  • Oleh Anthoneal
  • 01 Maret 2021 - 07:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gumas akan melakukan pengecekan ulang bagi 251 unit tera di wilayah setempat yang  dilakukan satu kali  dalam setahun.

Kepala Disperindag Kabupaten Gumas Luise Evelie melalui Kabid Kemetrologian Tete mengatakan, kegiatan pengecekan tersebut akan dilakukan sekali dalam setahun, sehingga langkah itu dilakukan ke semua kecamatan yang terdata. Pasalnya, dana yang ada mengalami keterbatasan.

“Untuk jumlah unit tera tera di Gumas ada 859 unit, namun yang wajib menjalani pengecekan atau sidang ulang itu sebanyak 251 unit tera yang tersebar di 9 kecamatan, begitu juga di empat SPBU yang ada di Kabupaten Gumas selalu kita mengecek di alat pengukur atau hidrometer,” ucap Tete, Minggu (28/2).

Selain itu, jelas dia, untuk tera-tera yang perlu dilakukan pengecekan di Kecamatan Kurun sebanyak 73 unit dari 135 unit, Mihing Raya ada 13 dari 125 unit, Sepang ada 15 dari 23, Tewah sekitar 126 perlu dicek ada 43 unit, Kahut ada 32 unit dari 133,  Rungan Hulu ada 12 jumlahnya ada 16, Rungan ada 34 dari 148 unit.

“Sedangkan untuk Rungan Barat ada 7 unit perlu dicek dari 29 unit, untuk Manuhing ada 22 unit dari 124 unit. Maka kami harapkan dengan pelaku usaha supaya bisa bekerjasama dalam hal pengecekan, karena kami dibebankan untuk PAD sekitar Rp.10 juta,” terang Tete.

Sementara itu, Kasi Pengawasan Neni Kusmita menjelaskan kegiatan pengecekan tersebut rangka memastikan alat pengukur, tera-tera milik pelaku usaha masih baik, berfungsi  normal dan atau tidaknya. Sehingga, akan menjadi bahan serta dilaporkan ke pusat.

Selama ini yang dilakukan pengecekan di 11 Kecamatan namun yang tercatat ada sembilan, sedangkan untuk SPBU berjumlah empat, misal di Kecamatan Kurun ada dua, Mihing Raya ada satu dan Sepang ada satu, maka kami berharap dengan pelaku usaha agar bisa memberitahu ke pihak kami apabila ada kendala, supaya kami bisa membantu mengecek,” pungkasnya. (nth)


TAGS:

Berita Terbaru