Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Baru Harus Punya Terobosan Gali PAD

  • Oleh Naco
  • 01 Maret 2021 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Khozaini menyebut saat ini potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotim masih belum maksimal mendongkrak pembangunan.

Pasalnya, kata Politisi Partai Hanura ini, daerah masih banyak kekurangan anggaran untuk mendongkrak pembangunan di Kotim.

Dirinya menyebut, Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang baru harus memiliki terobosan baru untuk menggali potensi PAD agar lebih maksimal dalam memenuhi kebutuhan pembangunan daerah.

"Saat ini PAD Kotim masih jauh dari harapan, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pemimpin baru harus punya terobosan baru agar PAD meningkat," katanya, Senin 1 Maret 2021.

Menurutnya, PAD belum maksimal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pembangunan yang tidak terlaksana di tengah pandemi Covid-19. 

Ia menilai, itu terjadi karena pemerintah kabupaten hanya bergantung pada anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat saja.

"Kalau PAD kita maksimal maka pembangunan juga akan lancar. Anggaran dari pusat ditambah dengan PAD yang maksimal, saya yakin tidak ada lagi pembangunan tertunda atau tidak terlaksana di Kotim," ucapnya.

Menurutnya, salah satu potensi PAD yang bisa dimaksimalkan yakni pungutan parkir, yang mana di Kotim banyak lahan parkir yang bisa mendongkrak PAD. Selain itu, memaksimalkan peran badan usaha milik daerah, serta pengelolaan sektor lain. (NACO/B-7)

Berita Terbaru