Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Siap Sewakan Alat Berat untuk Buka Lahan Pertanian

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Maret 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Upaya meminimalisir kegiatan membuka lahan dengan cara membakar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara siap menyewakan alat berat yang bisa digunakan masyarakat untuk membersihkan lahan pertanian maupun perkebunan.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan untuk memudahkan masyarakat untuk kegiatan tersebut, pemerintah membuat kebijakan untuk peminjaman excavator di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

"Untuk dari pertanian, kita bisa membantu alat-alat yang nanti digunakan untuk membuka lahan, insya allah," katanya, Senin 1 Marer 2021.

Menurutnya masyarakat bisa mengajukan peminjaman ataupun penyewaan untuk kegiatan tersebut, sehingga aktivitas masyarakat dalam bertani maupun berkebun tetap bisa dilaksanakan. "Masyarakat bisa mengajukan itu," ujarnya.

Sebelumnya Wabup Sukamara, Ahmadi meminta agar DKPP Sukamara untuk dapat melakukan sosialiasi terhadap pemanfaatkan alat berat dalam pengelolaan lahan pertanian, sehingga membuka lahan dengan cara membakar tidak lagi dilakukan.

"Saya berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan alat berat yang disediakan pemerintah untuk mengolah lahan pertanian yang bertujuan menghindari pembakaran lahan," pintanya.

Ahmadi berharap selain dinas yang bersangkutan, kepala desa juga harus berperan aktif. Kelompok tani yang ada diwilayahnya untuk bisa diarahkan untuk memanfaatkan keberadaan trancktor dengan semaksimal mungkin.

"Kades juga bisa menyampaikan ini kepada warganya, supaya mereka mengetahui dan tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru