Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara akan Lakukan Simulasi Cara Membakar Lahan yang Terukur dan Terarah

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Maret 2021 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara akan melakukan simulasi terkait membuka lahan dengan dibakar yang terukur dan terarah sesuai aturan.

"Untuk memperjelas hal itu, insya allah dalam minggu depan kita akan melakukan simulasi cara membakar yang diperkenankan, sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Senin 1 Maret 2021.

Simulasi tersebut untuk memperjelas terkait bagaimana cara membuka lahan dengan dibakar, sehingga bila proses pelaksanaannya nantinya tidak terjadi kesalahan.

"Dalam proses pembukaan lahan seperti ini dimasyarakat, nanti akan ada pengawalan dari pihak desa, bhabinkamtibmas dan bhabinsa, kemudian untuk SOP nya, itu kita atur secara menyeluruh se Sukamara supaya ada panduan yang jelas terhadap bagaimana membakar yang boleh," ujarnya.

Windu melanjutkanbila kegiatan pembukaan lahan tersebut dilakukan sesuai dengan aturan, maka tidak akan berbenturan dengan maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pembakaran hutan dan lahan yang saat ini gencar disosialiasikan.

"Jadi intinya begini, inikan juga ada aturannya, asal mengikuti aturannya insya allah tidak berbenturanlah, artinya membakar dengan tatacara yang diperbolehkan," tuturnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru