Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Sukamara: Peminjaman Alat Berat Solusi untuk Atasi Membuka Lahan dengan Cara Membakar

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Maret 2021 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan peminjaman alat berat merupakan salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membuka lahan pertanian.

"Membuka lahan dengan  menggunakan alat berat adalah salah satu solusi untuk menghindari terjadinya kebakaran lahan diwilayah kita," katanya, Senin 1 Maret 2021.

Ahmadi meminta agar rencana ini bisa disosialiasikan kepada seluruh masyarakat, sehingga peminjaman alat berat bisa dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal, dan kebakaran akibat pembukaan lahan bisa dihindari. 

"Untuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian agar ini bisa disosialisasikan kepada warga," harapnya.

Selain itu kepala desa juga diharapkan untuk bisa memberikan kemudahan bagi warga yang ada di wilayahnya dalam mengelola lahan pertanian."Harapan saya kepala desa bisa membantu petani agar bisa membuka lahan dengan alat berat, jangan sampai  ketidakpahaman kepala desa tentang pemanfaatan alat berat bagi kebutuhan kelompok tani membuat petani kesulitan dalam upaya membuka lahan pertanian," ucapnya.

Diketahui, Pemkab Sukamara juga saat ini telah mengatur tatacara membuka lahan dengan dibakar yang terukur dan terarah.

Sesuai SOP yang sudah ditentukan, kegiatan membuka lahan dengan cara dibakar hanya boleh dilakukan seluar 1 hektare dan untuk tanaman semusim. 

Untuk pembukaan lahan, kegiatan juga harus dilakukan pengawalan oleh desa, bhabinkamtibmas dan bhabisa. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru