Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru SMA Negeri 1 Tamiang Layang Dilatih Isi SPT Tahunan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Maret 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Guru SMAN Negeri 1 Tamiang Layang mendapatkan pelatihan simulasi pengisian SPT Tahunan melalui e-filling oleh Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak atau KP2KP Tamiang Layang, Senin, 1 Maret 2021.

Kepala SMA Negeri 1 Tamiang Layang, Istiqomah mengapresiasi KP2KP Tamiang Layang dan KPP Pratama Muara Teweh yang sudah memberikan pelatihan itu.

"Kendala yang sering dihadapi oleh guru-guru yaitu seringkali lupa password, masuk web djponline.go.id, lupa e-Fin, cara mengisinya, dan permasalahan terbaru adalah belum dibuatnya bukti potong 1721 A2 dari bendahara Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah," kata Istiqomah.

Sementara itu, Kepala KP2KP Tamiang Layang, Mawan Triantana mengungkapkan, tujuan dari kegiatan simulasi tersebut agar guru dapat melaporkan SPT Tahunan secara mandiri melalui e-filling.

"Dengan simulasi ini, guru sebagai tenaga pengajar lebih paham tentang pajak dan dapat meneruskan ke para siswa. Guru sebagai pengurus organisasi atau tokoh masyarakat juga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat sekitar tentang perpajakan," ujar Mawan.

Sebelum diberikan simulasi cara melaporkan SPT Tahunan secara online dengan e-filling, para guru terlebih dahulu diberikan materi tentang pajak, cara mendaftar sebagai wajib pajak, serta cara membayar pajak.

"Kami juga tadi melakukan pengenalan program layanan jarak jauh dari KPP Pratama Muara Teweh bernama KawaL SPT yang rencananya akan menempatkan laptop di SMA Negeri 1 dengan jaringan yang terhubung langsung ke KPP agar digunakan untuk melaporkan SPT maupun konsultasi perpajakan," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru