Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tindakan Bunuh Diri Menurut Ustadz Ahmad Rayyan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Maret 2021 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam agama Islam, perbuatan bunuh diri adalah hal yang dilarang dan dibenci oleh Allah. Bahkan ancaman dosanya pun tidak tanggung-tanggung, karena akan kekal di neraka. 

"Bunuh diri dengan alasan apapun adalah haram. Orang yang melakukan perbuatan ini terancam akan mendapatkan dosa yang sangat besar," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amin Sampit Ustadz Ahmad Rayyan Zuhdi Abrar, Selasa, 02 Maret 2021. 

Matinya seseorang dalam kehidupan di dunia ini berada di tangan Allah SWT dan merupakan karunia serta wewenang dari Alah. Sehingga sudah jelas, bahwa Allah melarang umatnya untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri. 

"Sehingga bagi umat yang melakukannya diancam dengan neraka dan akan kekal di dalamnya," kata Ustadz Rayyan. 

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." QS. An-Nisa' ayat 29. 

Dilanjutkan di dalam Al Qur'an : "Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." QS. An-Nisa' ayat 30. 

Firman Allah tersebut harus menjadi perhatian umat muslim di Kotim. Jangan sekali-kali atau berani melakukan hal tersebut. Terkecuali memang ingin masuk ke neraka. 

"Masih banyak jalan lainnya yang harus dilakukan, dan berpasrah dirilah kepada Allah kalau dilanda masalah. Karena Allah maha penyayang dan pengasih terhadap umatnya," terang Ustadz Rayyan. 

Ia berharap umat muslim yang dilanda masalah, baik itu urusan percintaan, keluarga, ekonomi, maupun masalah lainnya. Curhatlah kepada Allah. Sampaikan kepada Allah apa yang menjadi masalah dalam kehidupan. Karena sesungguhnya Allah menguji hambanya sesuai dengan kemampuannya.

Sementara, beberapa hari lalu, seorang pemuda ditemukan bunuh diri di dalam kamarnya. Dugaan motifnya adalah masalah percintaan dengan sang pacar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru