Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APBDes Diharapkan Bisa Atasi Kemiskinan di Desa

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Maret 2021 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Besarnya Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang digelontorkan pemerintah untuk desa diharapkan dapat mengatasi masalah kemiskinan di Bumi Gawi Barinjam.

"Jadi diharapkan dana desa ini menjadi salah satu instrumen yang dibuat pemerintah untuk program mengentas kemiskinan," ucap Bupati Sukamara, Windu Subagio, Selasa, 2 Maret 2021.

Dia meminta agar dalam pelaksanaan pembangunan yang penggunaan anggara APBDes, desa dapat melibatkan masyarakat dalam program yang dilaksanakan, sehingga bisa memberi dampak bagi warga.

"Dengan dana desa dan dengan APBDes maka diharapkan pembangunan dapat dilaksanakan secara swakelola yakni dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, karena dana desa itu untuk perputaran ekonomi diwilayah setempat" ujarnya.

Dengan adanya pelaksaan pembangunan dengan melibatkan masyarakat secara aktif, maka akan sangat msmbantu program pengentasan kemiskinan diwilayah Kabupaten Sukamara.

"Ini tentunya untuk program pengentasan kemiskinan seperti memberikan peluang kerja bagi pengangguran dan warga kurang mampu," katanya.

Diketahui, untuk total keseluruhan rekap pagu DD tahun ini Rp 39,7 miliar lebih, untuk pagu ADD sebesar Rp 42,3 miliar lebih dan untuk pagu pajak sebesar Rp 564 juta dan retribusi mencapai Rp 246 juta lebih sehingga total keseluruhan adalah Rp 82,9 miliar lebih.  (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru