Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berikut Kendala Penyaluran Bantuan UMKM di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Maret 2021 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ati Mulyati mengatakan pada tahun 2020, penyaluran bantuan berkisar di angka 87 persen.

Data ini berdasarkan laporan dari bank penyalur. Capaian ini karena ditemukannya sejumlah kendala. Salah satunya penerima bantuan yang berada di pelosok daerah, sehingga kesulitan dalam mengambil bantuan.

“Ada juga pelaku usaha yang tidak memenuhi syarat dalam menerima bantuan tersebut,” ungkap Ati Mulyani melalui telephon, Selasa 2 Maret 2021.

Ati menjelaskan syarat untuk menerima bantuan mulai dari seperti tidak boleh memiliki pinjaman modal dari perbankan, memiliki usaha yang jelas dan masih berjalan, serta tidak berstatus sebagai pegawai negeri sipil, anggota TNI maupun Polri aktif. 

“Jika syarat ini tidak terpenuhi, otomatis tidak menerima bantuan,” jelasnya. Ati menegaskan jika bantuan kepada UMKM tidak hanya terhenti di tahun 2020. Di tahun 2021, pemerintah berencana untuk membuka kembali penyerahan bantuan kepada UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Kalteng.

“Ke depanya seperti apa, masih menunggu. Saya sudah komunikasi dengan kementerian, memang ada bantuan di 2021, tetapi persyaratannya seperti apa masih belum tahu. Karena prosesnya masih digodok di kementerian,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru