Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Bertemu BKSDA Pos Sampit Bahas Wisata Satwa Buaya Sungai Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Maret 2021 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi, menggelar pertemuan dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, KSOP, Ditpolairud Polda Kalteng, dan sejumlah pihak berwenang, untuk membahas rencana pembuatan wisata satwa buaya di Sungai Mentaya. 

"Kami sudah membahas terkait keinginan saya untuk membuat wisata satwa buaya. Guna menyelamatkan masyarakat Kotim dari serangan buaya" ujar Halikinnor, Selasa, 02 Maret 2021. 

Hal ini dilakukannya, karena dia tidak ingin lagi masyarakat terganggu dan terancam oleh satwa dilindungi dan upaya yang dilakukan juga berdampak positif, terutama bagi wisata di daerah ini. 

Sehingga dia berkeinginan agar buaya bisa dikumpulkan di satu tempat seperti di Pulau Lepeh atau di Danau Burung, Desa Lampuyang. 

"Tadi ada dua upaya yang rencananya akan dilakukan, menjadikan wisata satwa buaya, atau membuat sebuah tempat menjadi penangkaran buaya," katanya. 

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan menyurati Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar bisa menurunkan tim untuk memberikan petunjuk terkait rencana tersebut. 

"Mudah-mudahan surat tersebut segera diterima dan ditindaklanjuti nantinya," harapnya. Sementara jika nantinya dapat disetujui wisata satwa buaya tersebut, maka wisatawan bisa melakukan kunjungan, dengan memberikan makan buaya menggunakan perahu.

Hal itu diharapkan bisa terwujud sehingga masyarakat bisa terhindar dari serangan buaya, dan berdampak ekonomi terhadap masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/)

Berita Terbaru