Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inflasi 2020 Sejalan dengan Permintaan yang Belum Kuat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Maret 2021 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang mengatakan inflasi 2020 tercatat rendah sejalan permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai.

"Inflasi Indeks Harga Konsumen atau IHK Januari 2021 tercatat sebesar 0,26% (mtm) atau 1,55% (yoy). Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh inflasi inti yang terkendali pada level rendah sebesar 1,56% (yoy), sejalan dengan pengaruh permintaan domestik yang belum kuat, kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan pembentukan ekspektasi inflasi, dan dampak nilai tukar terhadap inflasi yang menurun," kata Yudo pada Rabu, 3 Maret 2021.

Inflasi kelompok administered prices juga, menurut Yudo tercatat rendah, terutama didorong oleh normalisasi penurunan tarif angkutan pascalibur akhir tahun.

"Sementara itu, inflasi kelompok volatile food terkendali, meskipun terdapat tekanan dari kenaikan harga komoditas pangan global dan tertahannya pasokan pada beberapa komoditas," terangnya.

Inflasi pada tahun 2021 kata Yudo diprakirakan tetap terkendali dalam sasaran 3,0% ±1%.

"Ke depan, Bank Indonesia tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah melalui Tim Pengendali Inflasi, guna mengendalikan inflasi IHK sesuai kisaran targetnya," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru