Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Kotim: Banyak Warga di Pelosok Belum Nikmati Listrik

  • Oleh Naco
  • 03 Maret 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rinie Anderson mendorong agar PLN bisa mengaliri listrik hingga ke pelosok.

Hal ini untuk membuka ketertinggalan dan keterbelakangan daerah-daerah pelosok di Kotim. Sebab, masih banyak yang belum merasakan listrik,

“Masyarakat kita yang di pelosok masih banyak belum dialiri listrik daerahnya. Selama ini mereka hanya memanfaatkan listrik tenaga surya, itu tentunya sangat terbatas,” kata Rinie, Rabu, 3 Maret 2021.

Rinie mencontohkan, saat masyarakat harus mengambil air dari sungai dengan cara manual, namun apabila ada listrik mereka bisa menggunakan mesin pompa air.

“Saya lihat sendiri warga kita masih banyak yang harus turun ke sungai sambil membawa ember dan membawa air untuk keperluan di dapur, artinya sangat memprihatinkan,” kata Rinie.

Ia menyebutkan persoalan lainnya ketika malam hari warga mengandalkan lampu teplok. Bahkan anak-anak terpaksa belajar dengan lampu tersebut. 

Mereka tidur lebih awal karena tidak ada penerangan listrik, bahkan televisi jarang terlihat untuk daerah-daerah pedalaman. 

"Ini bukan karena tidak mampu tetapi karena listriknya tidak ada untuk menghidupkannya,”ujar Rinie. 

Dia berharap agar pemerintah daerah setempat menginventarisasi seluruh desa yang belum teraliri listrik. Pihaknya siap membantu hingga kepada PLN untuk bisa mengatasi itu secara bersama-sama. 

"Saya kira PLN akan membantu juga karena ini memang kebutuhan yang harus dipenuhi negara kepada rakyatnya,” tukasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru