Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Harap Terjadinya Karhutla Jangan Serta Merta Salahkan Peladang

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Maret 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sriosako mengaharapkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jangan sampai serta merta melahkan peladang.

Pasalnya, sering munculnya pradigma ditengah masyarakat bahwa peladang menjadi salah satu pemicu utama penyebab kebakaran hutan, hal itu tidaklah benar.

"Selama ini peladang yang kita ketahui memiliki metode khusus dalam proses berladang dan tidak berladang dilahan gambut sehingga potensi terjadinya karhutla sangat minim," ujarnya, Rabu, 3 Maret 2021.

Dia menjelaskan penyebab karhutla terjadi kebanyakannya di wilayah lahan gambut, sebaliknya peladang dalam aktivitasnya bercocok tanam dilahan padat, dalam hal ini tentu peladang tidak bisa disalahkan jika ada terjadi karhutla.

Dikatakannya juga jangan hanya serta merta menyalahkan peladang dalam hal itu ada baiknya jika para peladang tradisional mendapatkan perhatian dari pemerintah dengan memberikan bantuan.

"Beri mereka bantuan, kapan perlu hingga sampai pelosok, karena masih banyak peladang yang belum mendapat bantuan, pemerintah harus bisa mendukung berbagai macam bentuk pertanian yang ada di Kalteng ini," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru