Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Penilaian Zona Resiko Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Maret 2021 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Provinsi Kalimantan Tengah pada minggu terakhir ini berada pada resiko zona oranye atau tingkat risiko sedang penularan Covid-19.

Ketua Umum Ahli Epidemologi Indonesia Cabang Kalteng, Rini Fortina menjelaskan untuk pemantauan status kesehatan dalam zonasi selama pandemi Covid-19 ada sekitar 15 indikator yang menjadi penentu. 

“Indikator ini sama secara nasional, untuk zonasi ada sekitar 15 indikator,” ungkapnya. Rini mengatakan pantauan tersebut menunjukan apakah status kesehatan menurun atau membaik dengan rentang pemantauan perminggu. 

Ia mengatakan indikator terpenting dalam status kesehatan tersebut ada tingkat kesembuhan, pertumbuhan kasus baru, pengamatan mingguan, kemudian kematian.

“Indikator paling terakhir ada nilai statistik peningkatan penularan yang sering dikenal dengan nilai effective reproduction number atau RT,” jelasnya.

Rini menjelaskan tim melakukan penghitungan 15 indikator setiap akhir minggu. Semua data selama seminggu dikumpulkan dan diolah pada Minggu malam. 

“Minggu kemarin masuk dalam zonasi oranye. Kemarin itu zonasinya masuk skala 1,86 nilai angka zonasinya. Masuk dalam resiko tinggi itu angkanya dari 0 sampai 1,8 kemudian angka 1,9 sampai 2,4 masuk sedang, berikutnya baru masuk rendah,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru