Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Kalteng Harapkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Jadi Motor Penggerak Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Maret 2021 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Palangka Raya resmi dikukuhkan Wali Kota, Fairid Naparin.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala SOPD, serta pemimpin Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung sebagai pengurus dan anggota dari TPAKD.

Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy menyampaikan pembentukan TPAKD ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, yang meminta agar segera dilakukan pembentukan untuk mempercepat perluasan akses keuangan dan mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN.

"Harapan kita, TPAKD Kota Palangka Raya dapat menjadi motor penggerak ekonomi dengan berbagai program yang akan dilaksanakan melalui berbagai cara seperti dukungan permodalan pada sektor UMKM. Peningkatan kompetensi pelaku UMKM melalui berbagai pelatihan, serta membantu sisi pemasaran melalui digitalisasi pelaku UMKM yang sejalan dengan konsep Smart City yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya," kata Otto pada Rabu, 3 Maret 2021.

Sementara itu, Fairid Naparin menyampaikan, tim TPAKD nantinya akan bertugas melakukan perluasan dan mengupayakan penyederhanaan proses transaksi keuangan, baik pada sisi penghimpunan maupun penyaluran kredit, agar akses keuangan dapat ditingkatkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraannya.

"Kami berharap dengan adanya tim ini, maka jalur komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Kota dan Lembaga Jasa Keuangan akan berjalan lebih baik dan efisien. Lembaga Jasa Keuangan yang ada di Kota Palangka Raya juga diharapkan dapat memberikan peran yang lebih signifikan dalam mendukung perekonomian masyarakat serta mendorong pertumbuhan pembangunan daerah," kata Fairid. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru