Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara akan Analisis Situasi untuk Penanganan Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Maret 2021 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukamara akan melakukan analisis situasi untuk melihat penyebab dan langkah yang diambil dalam penanganan stunting di Bumi Gawi Barinjam. Saat ini angka stunting di Sukamara mencapai 20 persen.

"Beberapa waktu lalu kita sudah mengikuti kegiatan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting oleh Tim INEY Regional Kalimantan," kata Sekretaris Dinkes Sukamara, dr Latif, Rabu 3 Maret 2021.

Dari kegiatan ini dinas kesehatan bersama pihak terlibat lainnya siap melaksanakan tahapan kegiatan untuk penanganan stunting.

"Kita akan membuat rencana-rencana aksi, ini akan diakomodir oleh Bappeda. Dari rencana aksi itu kita akan melakukan analisis situasi dan mengumpulkan data dari semua lintas sektoral yang terlibat dalam penanganan stunting," ujarnya.

"Dari hasil pengumpulan data dan dilakukan analisis, maka akan dirembukan kembali untuk mengetahui penyebab dan langkah yang akan diambil dalam upaya penanganan stunting ini," tambahnya.

Dia menuturkan untuk menyelesaikan permasalahan stunting di Sukamara tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri atau hanya satu instansi saja, tapi harus dilakukan secara terpadu dan konvergensi.

"Jadi dalam penangananya, kita harus melibatkan beberapa leading sektor terkait seperti penyediaan sarana dan prasarana air bersih dan juga budaya masyarakatnya, sehingga dalam penanganannya ada istilah intervensi spesifik dan non spesifik dan untuk sektor kesehatan ada 30 persen sementara sisanya pada leading sektor yang lain sehingga kegiatan ini memang saling mendukung," tutupnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru