Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Puruk Cahu ke Palangka Raya Lebih Pilih Lewat Kuala Kurun daripada Buntok, ini Alasannya

  • Oleh Trisno
  • 04 Maret 2021 - 07:15 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Saat ini warga Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya (Mura) mendandallkan akses jalan menuju Kuala Kurun untuk menuju ibu kota Palangka Raya.

Di mana dibandingkan dengan harus melewati Buntok yang memakan waktu sampai 10 jam perjalanan, akses jalan ke kuala kuurun kemudian tembus ke Palangka Raya lebih dipplih karena bisa mempersingkat waktu hingga 2 jam, atau memakan waktu perjalanan sekiitar 6 sampai 7 jam.

Tentu sinngkatnya waktu perjalanan diipilih sebagian besar masyarrakat Puruk Cahu karena selama ini memang sangat kesulitan apabila bepergian ke luar daerah karena berada di bagian paling uujung wilayah Utara Kalteng.

Hengki salah seroang warga Puruk Cahu ketika dibincangi Ppost Senin kemarin mengatakan diirinya kera bepergian ke Palangka Raya untuk urusan bisnis.

Dan saat ini lebih memilih akses jalan ke Kuala Kurun ketimbang harus melewati Buntok karena jarak dan waktu perjalanan yang lebih singkat.

Namun saat ini akses jalan Kuala Kurun juga sudah mengalami kerusakan, karena apabila musim penghuan, beberapa titik jalan licin dan berlumpur dan sulit dilintasi.

Sehingga dirinya berharap Pemerintah segera meramppungkan perbaikan jalan altternatif menuju Palangka Raya tersebut karena sangat diibutuhkan oleh masyyarakat.

“Saat ini hanya sebagian akses jalan yang sudah diaspal, sebagiannya masih kondisi jalan tanah yang sulit dilintas apabila diguyur hujan,” tuturnya.

Sementara itu, pantauan Ppost, kondisi akses jalan Puruk Cahu – Kuala Kurun sendiri sebagian besarnya sudah mudah untuk diliintasi.

Hanya beberapa titik jalan yang kerap mengalami krusakan terutama saat musim penghujan termasuk ada beberapa titik yang kerap terendam banjir.

Meski demikian, setiap harinya tetap banyak kendaraan yang melintas untuk menuju Palangka Raya melewati jalan tersebut karena pertimbangan waktu dan jarak yang lebih singkat. (Trs)

Berita Terbaru