Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diduga Sebabkan Lahan Terbakar, Seorang Lelaki Ditetapkan Tersangka

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Maret 2021 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akibat kelalaian yang menyebabkan terbakarnya lahan seluas 5 hektar di lahan milik Kelompok Tani Berasau IV yang berlokasi di Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama Km 7 Gang Bahaum, seorang lelaki berinisial J ditetapkan penyidik Reskrim Polres Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai tersangka.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, Kamis tanggal 11 Februari 2021 sekitar kurang lebih pukul 16.00 WIB, ia berada di lahan tersebut sedang membersihkan lahan dengan cara menebang pohon yang kecil dan ilalang. Tersangka kemudian juga membakar rumput yang sudah dikumpulkan," kata Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah dalam kegiatan ekspos, Kamis, 4 Maret 2021.

Kapolres menuturkan, setelah menginap semalam di pondok darurat yang dibuat tersangka di lokasi tersebut, ia sempat memadamkan api yang disulutnya sebelum pulang.

"Namun sekitar tanggal 13 Februari 2021, lahan yang bersihkan tersebut diketahui sudah terbakar. Dari lokasi ditemukan, barang bukti sebuah botol bekas minuman air mineral ukuran 600 ml yang berisi minyak tanah yang tutupnya sudah dilubangi ya kemudian 1 buah botol bekas minuman air mineral ukuran satu setengah liter yang berisi minyak tanah, potongan kayu yang bekas terbakar dan 2 buah kaleng bekas susu indomilk yang didalamnya terdapat sumbu ada sumbunya," jelas Kapolres.

Kapolres menjelaskan, dari hasil penyelidikan dan penyidikan serta memeriksa 4 orang saksi, barulah penyidik menetapkan status tersangka pada J.

"Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 50 ayat 3 dan Pasal 78 KUHP ayat 3 atau Pasal 78 ayat 4 junto Pasal 50 ayat 3 UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," jelas Kapolres. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru