Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RKPD Kalteng 2022 Masuk Dalam Transisi Penyelenggaraan Perencanaan Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Maret 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengungkapkan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalteng tahun 2022 telah masuk dalam transisi penyelenggaraan perencanaan pembangunan.

"Yang merupakan peralihan dari periode jangka menengah daerah Provinsi Kalteng dan akan menjadi tahun awal pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026," kata Fahrizal, Kamis, 4 Maret 2021.

Dia menjelaskan, rancangan awal RKPD merupakan tahapan awal dari seluruh proses penyusunan rancangan RKPD dalam menyusun rancangan Renja Perangkat Daerah.

"Dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 tahun, yang disusun menggunakan pendekatan teknokratis dan partisipatif," tuturnya.

Dikatakannya juga, bahwa fokus atau tema pembangunan Provinsi Kalteng pada tahun 2022 yaitu mengarah pada stabilitas ekonomi dengan penguatan SDM yang berdaya saing.

Kemudian, penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022 akan menjadi baseline dalam menentukan target perencanaan jangka menengah daerah tahun 2016-2021.

Oleh karenanya, dalam perumusan indikator maupun target capaian supaya bisa mengacu pada standar pelayananan, minimal yang terdapat pada urusan wajib pelayanan dasar serta idokator SDG's.

"Dan juga peraturan Mendagri nomor 18 tahun 2020 tentang pelaksanaan peraturan daerah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru