Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai di Kuala Pembuang Semakin "Pedas"

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 04 Maret 2021 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Harga cabai merah di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan semakin “pedas” lantaran harganya terus merangkak naik.

Kenaikan harga cabai merah di Pasar Sayur dan Ikan Kuala Pembuang, sudah berlangsung sekitar satu bulan terakhir, mulai harga Rp 80 ribu per kilogram, hingga Rp 130 ribu per kilogram.

Toriyah,  salah satu pedagang, kenaikan harga cabai dipengaruhi dengan minimnya pasokan cabe yang didatangkan dari luar daerah, termasuk yang berasal  dari petani lokal.

“Minimnya pasokan sangat berpengaruh terhadap harga  jual cabai di pasaran saat ini, dan kami hanya menyesuaikan harga yang sudah tinggi dari pemasok,” katanya, Kamis 4 Maret 2021.

Untuk memenuhi permintaan cabai  di Kuala Pembuang,  hingga sekarang masih sangat bergantung pasokan dari pulau jawa, sehingga apabila pasokan tersendat, harga pun menjadi naik.

“Apabila tidak ada pengiriman dari pulau jawa, harga cabai lokal pun ikut naik menyesuaikan harga yang ada saat ini,” ungkapnya.

Toriyah menambahkan, kenaikan harga yang saat ini terjadi, banyak di pengaruhi kondisi cuaca menyebabkan banyak diantara petani yang gagal panen, hingga pasokan cabe menjadi tersendat.

 “Kami berharap harga cabai bisa kembali stabil, karena cukup berpengaruh dengan penjualan,” tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru