Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Satgas Karhutla Prioritaskan Tindakan Pencegahan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta tim gabungan dalam Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk memprioritaskan upaya pencegahan.

“Prioritaskan upaya pencegahan, melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot dan titik api,” ungkap Sugianto saat di halaman kantor gubernur, Kamis 4 Maret 2021.

Dia juga meminta dilakukan pemantauan kondisi harian di lapangan, infrastruktur monitoring dan pengawasan sampai sampai level bawah. Melibatkan berbagai leading sektor mulai Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa dalam penanganan karhutla.

Selain itu perlu juga mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat, serta mencari solusi yang permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan tidak membakar.

“Terus lanjutkan penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut harus terus dilanjutkan, jangan biarkan api membesar, harus tanggap dan jangan terlambat sehingga api sulit dikendalikan,” pintanya.

Sugianto juga meminta hukum ditegakan tanpa kompromi dengan memberikan sanksi yang tegas sehingga ada efek jera. 

“Pemerintah kabupaten dan kota harus segera menentukan Status Keadaan Darurat Bencana Karhutla di daerahnya masing-masing dan membentuk Satgas Penanganan Darurat Karhutla sampai tingkat kelurahan dan desa,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru