Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Status Siaga Hadapi Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyampaikan saat ini Kalteng masih dalam status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Tahun 2021 ini kita harus siap menghadapi kemarau. Nanti diperkirakan BMKG pada Maret sampai Mei masih ada hujan. Tapi Mei, Juni, Juli mulai netral, hujannya hanya dibeberapa titik di Kalteng,” ungkapnya, Kamis 4 Maret 2021. 

Menghadapi potensi tersebut segala sesuatunya harus persiapkan dari sekarang baik pesonil, sampai peralatan yang memadai. Pemerintah daerah (Pemda) juga harus menyiapkan anggaran terutama anggaran tidak terduga.

Sedangkan terkait status dalam menghadapi karhutla Pemprov Kalteng menunggu menunggu kondisi di kabupaten kota. 

“(Jika) melihat sesuatu yang luar biasa gubernur bisa mengambil alih untuk mengeluarkan siaga darurat. Kalau memang sangat luar biasa lagi kita akan mengeluarkan tanggap darurat,” ungkapnya.

Sugianto menuturkan dalam menghadapi karhutla pihaknya akan melibatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam bentuk helikopter waterbombing. 

“Insyallah kita siaga koordinasi juga selalu dilakukan dengan kapolda dan danrem sampai jajaran ke (tingkat) bawah. Hukum harus ditegakan, apalagi kalau korporasi, pasti akan kita tindak tegas. Kita komitmen itu,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru