Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Covid-19 Kalteng Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2021 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan upaya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bertujuan agar tercapai kekebalan kelompok. 

“Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan adanya pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021,” ungkap Ketua Satgas Covid-19 Kalteng, Sugianto Sabran melalui rilis tertulisnya. 

Satgas menyampaikan dalam Permenkes tersebut, ada lima poin penting yang harus dilaksanakan. Pertama, pelaksanaan vaksinasi gotong royong gratis karena ditanggung oleh perusahaan atau badan hukum yang melaksanakan vaksinasi gotong royong tersebut.

Kedua, Pelaksanaan vaksinasi akan berjalan jika vaksin sudah tersedia melalui Kementerian BUMN dan Bio Farma. Artinya, vaksinasi gotong royong dapat menggunakan vaksin yang berbeda. Dengan kata lain, tidak akan menggunakan vaksin yang sama dengan program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Ketiga, vaksin yang disiapkan harus memiliki izin penggunaan darurat (EUA) atau penerbitan Nomor Izin Edar (NIE) dari Badan POM sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan. 

Keempat, PT Bio Farma menjadi distributor vaksin, yang nantinya akan menyalurkan vaksin ke setiap fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang bekerjasama dengan badan hukum atau badan usaha atau dapat bekerjasama dengan pihak ketiga.

Terakhir, penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tetap sama seperti sebelumnya. Artinya, adanya  vaksinasi gotong royong tidak mengubah mekanisme penanganan KIPI yang sudah dilakukan untuk program vaksinasi pemerintah. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru