Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Usulkan Pembuatan Klaster dan Tanggul atasi Banjir Food Estate

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Maret 2021 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tingginya genangan air menjadi salah satu kendala penanaman padi di beberapa titik di kawasan food estate Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas dalam beberapa bulan terakhir.

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri menyarankan untuk dibuatkan klaster yang lebih kecil, serta dibuat tanggul. Hal itu diharapkan bisa menjaga dan mempermudah pengaturan air.

“Banjir di areal sawah diakibatkan curah hujan yang tinggi, berbagai hal telah dilakukan untuk mengeringkan lahan,” ungkapnya, Kamis 4 Maret 2021.

Fahrizal mengatakan selama ini pihaknya sudah memasangkan pompa air untuk menyedot air di areal persawahan seharian penuh dan berhasil turun hingga 25 centi meter. Namun saat malamnya terjadi hujan dan air di kawasan lahan kembali naik bahkan sampai 30 centimeter.

“Ini adalah kendala alam,” timpalnya. Fahrizal menuturkan, pihaknya juga terus melakukan evaluasi terhadap pengembangan food estate di Kalteng.

“Hari ini rencananya gubernur akan melakukan kunjungan ke Dadahup untuk melakukan evaluasi semuanya,” tuturnya.

Namun ia melihat perkembangan hasil pertanian food estate secara garis besar menunjukan hasil yang cukup memuaskan.

“Karena dalam satu hektar, ada yang menghasilkan ubinan lima ton. Sesuai target satu hektare sawah menghasilkan lima ton padi,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru