Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Resmikan Pasar Mandiri Pelita Hulu

  • Oleh Trisno
  • 05 Maret 2021 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph meresmikan Pasar Mandiri Pelita Hulu Usaha Sama Ito, Kamis (3/3), di samping Pasar Rayat Pelita Hulu di Jalan Jenderal Sudirman Puruk Cahu.

Hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Mura Doni, Plt. Inspektur Inspektorat Kabupaten Rudy Roy, lurah Beriwit Khalid Ilmi, Danramil 07 Puruk Cahu Lettu M Sahroni serta para pedagang

Sementara itu, laporan kepala Dinas Perindagkop dan UKM Mura, Nyarutono Tundjan Pada Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM mendapat usulan Proposal Pinjam Pakai Tanah Milik Daerah yang berlokasi di Areal Pasar Rakyat Pelita Hulu untuk pembangunan Pasar Mandiri “Usaha Samah Ito” dari kelompok pedagang yang ingin menghidupkan kembali roda perekonomian.

Tentunya usulan tersebut direspon positif oleh Pemerintah dan difasilitas untuk dibangunnya secara swadaya dan swadana Pasar Mandiri Pelita Hulu oleh para pedagang yang saat ini diresmikan penggunaannya.

Saat ini ada sebanyak 78 los atau kios pasar yang tersedia dan sudah terisi sebanyak 20 kios dan berangsur akan terisi kembali oleh para pedagang nantinya.

Sementara itu, Bupati Mura Perdie M Yoseph dalam sambutannya mengatakan, moment ini sangat penting bagi kita semua dan para pedagang yang ada di Kabupaten Murung Raya.Karena selain ajang silaturahmi antar sesama para pedagang dengan Aparatur Pemerintah, baik dengan Instansi Teknis maupun Instansi Pembina lainnya di Kabupaten Murung Raya.

Setelah selesainya pembangunan Pasar Rakyat Pelita Hulu pada tahun 2019 yang lalu, dengan didominasi oleh 197 buah lapak/bak basah untuk berjualan ikan dan sayuran sedangkan hanya terdapat 18 buah _ kios kering untuk berjualan kain, sembako, dan lainnya. sehingga jenis barang dagangan dan kebutuhan masyarakat yang diperjualbelikan oleh para pedagang 

Namun pedagang rupanya melihat beberapa peluang sehingga meriniatif membangun pasar baru diatas tanah milik Pemerintah dan tentu usulan tersebut direspon baik.

Dirinya berhadap kehadiran pasar mandiri ini semakin memberi warga aktifitas ekonomi masyarakat khususnya jual bali dan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan sehari hari.

Dirinya meminta agar pasar mandiri tetap komitmen untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban, karena hal itu modal penting sebuah pasar untuk bisa maju dan erkembang dan mendapat antusiiasme dari pengunjung.

Berita Terbaru