Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa di Sukamara Diminta Inventarisir Sarana Prasarana Hadapi Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Maret 2021 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio meminta agar desa bisa melakukan inventarisir terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini.

"Untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan, tolong dilakukan dulu inventarisasi apa yang kita punya dalam penangana karhutla, karena kalau cuman tangan kosong, tidak bisa apa-apa," ucap Windu Subagio, Jumat, 5 Maret 2021.

Windu melanjutkan, dalam menanggulangi bencana karhutla, banyak tim yang dibentuk. Di antaranya, masyarakat peduli api dan tim serbu api (TSA) maupun Manggala Agni yang siap membantu pemadaman. 

"Meskipun adanya tim ini, tetapi kalau tidak dilengkapi dengan peralatan, ini bisa saya katakan tidak serius dalam menangani masalah ini," ujarnya.

"Makannya desa juga diberikan kewenangannya untuk menggatur anggarannya, melalui dana itu mereka boleh membelikan apa saja untuk mengatasi karhutla diwilayahnya," ucap Windu.

Meskipun begitu, Bupati meminta agar desa lebih menekankan pencegahan atau tindakan preventif, agar penanggulangan kebakaran bisa lebuh maksimal.

"Apapun itu, mencegah akan lebih baik, jangan sampai terjadi kebakaran di wilayahnya, jadi kalau ada api kecil langsung padamkan supaya tidak membesar dan sulit dikendalikan," pesan Windu Subagio. 

Selain itu, Windu juga menginginkan agar kedepannya, ada petugas pemadam kebakaran minimal di masing-masing kecamatan yang dilengkapi mobil tangki maupun alat pemadam lainnya.

"Karena mengatasi kebakaran ini setiap tahun, berulang-ulang. Sehingga harapan ini bisa dilaksanakan kedepannya," tutupnya. (NORHASANAH/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru