Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati: Sukamara Ranch Banyak Berikan Peluang Bagi Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Maret 2021 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Keberadaan peternakan sapi Sukamara Ranch di Bumi Gawi Barinjam dinilai memberikan banyak peluang bagi masyarakat, baik terhadap pakan ternak maupun program yang akan dijalankan perusahaan tersebut.

"Jadi dengan adanya ranch ini banyak sekali peluang-peluang yang bisa kita ambil," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Jumat, 5 Maret 2021.

Menurut Windu, selain masyarakat bisa menjual hasil tanam singkong dan rumput, masyarakat pesisir juga bisa menerima program peminjaman sapi pejantan maupun plasma sapi yang mungkin akan dilaksanakan Sukamara Ranch.

"Ini masih dalam perumusan seperti apa. Sukamara Ranch juga sudah mempersiapkan program meminjamkan sapi penjantan yang unggul untuk dikawinkan kepada sapi milik warga," ujarnya.

"Selain itu, juga ada peningkatan dalam pemanfaatan lahan di padang safana yang kita miliki itu, dulu padang rumput ini hanya menjadi makanan api saja tiap tahun," tambah Windu.

Sementara itu, Manager Sukamara Ranch, Dwi Hartanto mengatakan bahwa program plasma sapi yang akan dijalankan baru bisa dilaksanakan dalam tahun ketiga. "Ini baru kita kembangkan. Untuk hasilnya, bisa kita petik di tahun ketiga, dan harapannya anak sapi yang 50 persen betina dan 50 persen jantan bisa dikembangkan untuk plasma," ucap Dwi.

Jadi, sambung dia, setiap kelompok tani yang terdiri atas 15 orang sampai 20 orang peternak akan diberikan 20 ekor sapi betina bunting, yang aman setelah melahirkan, anak dari sapi tersebut akan dibagi hasil.

"Untuk bisa mengikuti program plasma ini, syaratnya petani harus mempunyai kandang, mempunyai kebun rumput dan mempunyai keterampilan dalam memelihara sapi," tutupnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru