Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kompetisi Sepak Bola Piala Kemenpora Sudah Kantongi Izin Polri

  • Oleh ANTARA
  • 05 Maret 2021 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan izin keramaian untuk kompetisi sepak bola Piala Kemenpora sudah terbit sehingga pertandingan dipastikan dapat terlaksana sesuai jadwal.

"Izin sudah keluar, tinggal berjalan (kompetisi) mulai 20 Maret 2021 Piala Kemenpora digelar," katanya, Jumat 5 Maret 2021.

Rusdin menyebutkan izin keramaian untuk kompetisi sepak bola Piala Kemenpora sudah dikeluarkan sejak beberapa minggu yang lalu. Kompetisi yang berlangsung di masa pandemi tersebut mengikuti protokol kesehatan tanpa dihadiri oleh penonton.

Sebelumnya Polri juga telah menerbitkan izin keramaian untuk laga uji coba Timnas U-22 dengan sejumlah klub bola di Tanah Air. Laga uji coba digelar Jumat (5/3) yakni Timnas kontra Tira Persikabo dan Minggu (7/3) Timnas kontra Bali United.

Diberitakan, Mabes Polri akhirnya mengizinkan bergulirnya kembali kompetisi sepak bola tanah air di tengah situasi pandemi COVID-19. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan keputusan ini diambil usai pihaknya melakukan kajian mendalam.

"Kami telah melaksanakan rapat koordinasi, kami mencoba untuk kemudian mempelajari bersama terkait dengan kondisi terkini yang ada. Bahwa olahraga, khususnya sepak bola tetap harus berjalan," kata Jenderal Sigit usai menerima kunjungan Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2).

Kendati demikian, Kapolri menekankan semua pihak harus mempedomani bahwa keselamatan rakyat tetap menjadi salah satu faktor yang utama. Oleh karena itu penyelenggara kompetisi sepak bola tetap harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

"Dalam rapat kami sepakat untuk kami berikan kesempatan. Tentunya dengan catatan bahwa penegakan prokes itu menjadi syarat utama. Dengan adanya kesepakatan tersebut kita harus sama-sama menjaga komitmen, baik klub bola, pemain, supporter. Di manapun nantinya apabila ini diselenggarakan, penegakan prokes itu jadi prioritas," katanya.

Untuk itu Polri memberikan kesempatan bagi pihak-pihak penyelenggara untuk menyelenggarakan pra kompetisi. Hal ini untuk melihat komitmen dari panitia mengenai penegakan protokol kesehatan ketika nanti kompetisi benar-benar bergulir.

"Kalau syarat itu bisa dilaksanakan, kami evaluasi secara bertahap sehingga tentunya penyelenggara kegiatan bisa semakin baik. Tentunya dengan adanya kesepakatan tersebut, kita harus sama-sama menjaga komitmen," tuturnya.

ANTARA

Berita Terbaru