Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Muncul di Desa Murutuwu, Petugas Gerak Cepat Lakukan Pemadaman

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Maret 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petugas pemadam kebakaran dari Pos Damkar Tamiang Layang berhasil memadamkan api yang melalap lahan pekarangan warga di Desa Murutuwu, Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Sabtu, 6 Maret 2021.

Ketua Regu II Pos Damkar Tamiang Layang, Nopriansyah mengungkapkan, pemadaman dilakukan setelah pihaknya menerima informasi kebakaran lahan di desa yang berjarak 13 kilometer dari Kota Tamiang Layang tersebut, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tim langsung meluncur ke sana, namun karena jalan penghubung Sarapat - Murutuwu banyak yang rusak parah, sekitar satu jam kami baru tiba di lokasi," ujarnya saat diwawancarai.

Dia mengisahkan, setelah satu jam lamanya tim grup II yang terdiri dari 8 orang dan  tim grup III sebanyak 2 orang serta dibantu warga setempat berjibaku, akhirnya api bisa dikendalikan.

"Masyarakat sempat kesulitan melintas di jalan raya karena asap yang cukup pekat dan posisi lahan yang terbakar berada di pinggir jalan depan SMP Murutuwu," ujar Nopriansyah.

Menurutnya, lahan yang terbakar seluas sekitar 2 hektare dan ditumbuhi rumput yang tinggi dan tanaman karet.

"Memang rumput di sekitar situ sudah mulai mengering karena hujan yang jarang turun, namun penyebab kebakaran belum diketahui persis karena pemilik lahan tidak berada di tempat saat kejadian," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Riza Rahmadi mengingatkan masyarakat agar mewaspadai kebakaran lahan dan hutan atau karhutla.

"Saat ini curah hujan mulai berkurang menjelang musim kemarau. Untuk itu masyarakat harus selalu waspada dan berhati-hati ketika membuka lahan, sehingga tidak menyebabkan kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian besar," pesan Riza. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru