Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotim Dirikan 10 Pos Lapangan Antisipasi Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Maret 2021 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membangun 10 pos lapangan (Poslap) di sejumlah titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"10 pos lapangan dan satu pos komando kami bagun di halaman kantor BPBD Kotim. Guna mengantisipasi Karhutla," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Yephi Hartadi, Minggu, 07 Maret 2021. 

Dari jumlah ini pihaknya juga telah mendirikan Poslap permanen di 3 kecamatan, yakni Antang Kalang, Mentaya Hulu, dan Pulau Hanaut. Hal ini dilakukan guna mempermudah monitor yang dilakukan, saat terjadinya Karhutla. 

"Kami tidak ingin api membesar dulu baru berupaya memadamkan, namun yang kami lakukan yakni berupaya memadamkan api sekecil apapun agar tidak membesar dan membakar lahan," katanya.

Selain poslap ada 30 sumur bor juga tersedia sebagai upaya agar tidak kesulitan mencari air nantinya. Sedangkan sejumlah alat yang dimiliki Polres Kotim, Kodim 1015 Sampit, Brimob, Disdamkar, DLH, KDHP, Manggala Agni, dan instansi yang terlibat lainnya juga disiagakan. 

"Mudah-mudahan dengan uapaya pencegahan sejak dini ini, karhutla tidak terjadi di Kotim," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru