Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proaktif Lindungi Diri dan Sekitar dari Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Maret 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta masyarakat untuk adaptif terhadap perubahan penanganan Covid-19.

Salah satunya dengan upaya proaktif untuk melindungi diri dan orang di sekitar adalah penting dalam mencegah dampak negatif dari mutasi virus Covid-19.

“Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional mengungkapkan bahwa para peneliti di dunia termasuk di Indonesia terus meneliti mutasi dan varian baru yang muncul untuk mengetahui berbagai dampak dan solusi menghadapinya,” ungkap Ketua Satgas Covid-19 Kalteng, Sugianto Sabran melalui rilis tertulisnya. 

Saat ini ada beberapa varian virus yang sudah ditemukan menyebar secara global, yakni varian B117 di Inggris, B1351 di Afrika Selatan yang merupakan hasil mutasi dari virus B117, dan varian P1 di wilayah Brazil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mutasi tidak secara material mengubah virolensi atau kemampuan virus untuk menimbulkan penyakit. 

Demikian pula dengan efektivitas vaksin secara signifikan. Namun, semakin sedikit keberadaan mutasi virus, maka semakin efektif vaksin yang sedang dikembangkan ini dapat bekerja dengan baik.

Pada prinsipnya, menurut Tim Pakar varian dapat terus bertambah, khususnya saat pandemi masih berlangsung, karena banyaknya jumlah penularan yang terjadi di masyarakat. Mutasi yang dilakukan virus adalah upaya untuk bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 

Adapun mutasi sendiri, didefinisikan sebagai suatu proses karena adanya kesalahan saat memperbanyak diri, di mana virus anakan tidak sama dengan induknya atau parental strain.

Sedangkan pemerintah telah mengambil langkah-langkah strategis bekerjasama dengan para peneliti dan menginstruksikan kepada petugas di lapangan untuk memperketat skrining.

“Pengetatan skrining  demi mencegah masuknya varian baru dari negara lain maupun dari satu daerah ke daerah lain,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru