Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tinjau Food Estate, Sugianto Optimistis Lumbung Pangan Sukses

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Maret 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melakukan kunjungan ke kawasan food estate di Desa Bentuk Jaya Kabupaten Kapuas pada Minggu 7 Maret 2021.

Sugianto mengaku optimistis program nasional sebagai lumbung pangan tersebut bisa sukses. Terutama dengan dorongan masyarakat Kalteng.

“Saya selaku Gubernur tetap optimis Food Estate di Kalteng akan berhasil. Kita harus menjaga kepercayaan dari Pemerintah Pusat dengan mensukseskan program Food Estate,” ungkapnya.

Sugianto menilai banyak keuntungan dood estate. Salah satu contoh keuntungan dari food estate adalah terutama lapangan kerja terbuka bagi anak-anak Kalteng yang baru selesai sekolah. 

“Selain itu, bagi yang lulusan S-1 Pertanian, Peternakan, Perikanan, juga bisa bekerja disitu,” sebutnya.

Selain itu ia mengajak masyarakat Kalteng untuk mencintai pekerjaan petani. Karena petani adalah pekerjaan mulia.

Seperti diketahui Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Kementerian terkait telah mempercayakan Kalteng melaksanakan program pengembangan food estate.

Sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food Estate ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru